• ISO 11133, Panduan Preparasi dan Produksi Media Kultur Mikrobiologi Pangan

    Salah satu standar internasional yang digunakan dalam pengujian mikrobiologi dalam bidang pangan, pakan, dan pengujian air adalah ISO 11133. Standar ini menjadi paduan dalam penyiapan dan pembuatan media kultur dalam laboratorium mikrobiologi. Beberapa hal yang diatur dalam ISO 11133 adalah tentang purifikasi air, pH, air, penyimpanan dan umur simpan, serta penyiapan media kultur.

  • Desain Analisis Proksimat untuk Produk Pangan yang Berkualitas

    Preferensi konsumen terhadap produk pangan telah beralih dari makan hanya mempertimbangkan rasa dan penampakan, namun juga memperhatikan aspek kesehatan dari makanan produk yang dikonsumsi. "Kualitas suatu produk pangan dapat ditentukan dengan komponen-komponen yang terkandung di dalamnya. Sehingga diperlukan pengukuran komponen tersebut dengan analisis proksimat," jelas Guru Besar Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Ciputra, Prof. Ir. Hari Purnomo, M.App.Sc., Ph.D dalam seminar Highest Efficiency in Your Laboratory di Surabaya pada 3 Mei 2017. Acara ini diselenggarakan oleh PT Gerhardt Global Indonesia, PT Abadi Nusa Usaha Prima, dan PT Dharma Karya Makmur Sentosa.

  • Building Food Safety and Food Defense System

    Food defense atau pertahanan pangan menurut FDA merupakan usaha untuk mencegah intentional contamination pada produk pangan baik secara biologi, kimia, fisik ataupun radiologi yang tidak selayaknya ada pada pengadaan pangan. 

  • Regulasi Terbaru Kriteria Mikrobiologi dalam Produk Pangan

    Era pasar bebas telah menciptakan lingkungan yang kompetitif bagi para pelaku industri pangan. Permintaan konsumen yang semakin selektif dalam memilih produk pangan membuat industri pangan dituntut tidak hanya menciptakan produk dengan kualitas dan harga yang sesuai, namun juga didorong untuk memproduksi pangan yang aman dan memenuhi standar regulasi. Oleh karena itu, pemerintah juga ikut berperan dengan membuat dan pemperbaharui regulasi-regulasi terkait standar pangan.

  • Standar Keamanan Dalam Industri Pangan

    Persyaratan keamanan, mutu, dan gizi dari suatu produk pangan merupakan hal yang mutlak dicapai demi terciptanya perlindungan kesehatan konsumen dan perdagangan pangan yang jujur dan bertanggung jawab. Oleh karena itulah diperlukan standar keamanan pangan sebagai acuan untuk memenuhi persyaratan keamanan, mutu, dan gizi pangan.

Recent Posts

Regulasi Standardisasi Diharmonisasi

Saat ini terdapat 24 undang-undang dan 19 peraturan pemerintah yang dikeluarkan pada periode 2001 hingga 2012, yang di dalamnya memuat tentang pengaturan standardisasi yang banyak di antaranya tumpang Read More »

Duduk Perkara Apel Berbakteri

Dalam beberapa minggu terakhir ini, dunia kembali heboh dengan kasus keamanan pangan seputar kontaminasi pada produk apel asal Amerika Serikat. Berbagai kekhawatiran pun bermunculan. Apa sebenarnya ya Read More »