• Teknik Deteksi Mikroplastik

    Sampah kemasan plastik yang dibuang ke lingkungan pada akhirnya akan masuk ke wilayah perairan terutama laut. Terlebih lagi, dengan terurainya sampah kemasan plastik menjadi partikel berukuran mikrometer yang disebut dengan mikroplastik, memungkinkan partikel tersebut masuk ke dalam rantai pangan khususnya produk-produk hasil perikanan. Ditinjau dari aspek keamanan pangan, produk hasil laut yang tercemar mikroplastik dengan kandungan yang tinggi tidak aman untuk dikonsumsi.

  • Pentingnya Memilih Sistem Sanitasi yang Tepat

    Keamanan pangan adalah aspek yang paling fundamental bagi industri pangan. Menjamin pangan yang aman adalah hal sangat penting untuk menghindari terjadinya efek samping yang ditimbulkan dari kontaminasi, penyalahgunaan, dan keracunan pangan

  • Pendekatan Langsung Pengukuran Kalorimeter pada Produk Pangan

    Air dalam kemasan (AMDK) menjadi salah satu produk pangan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, pemenuhan terhadap keamanan AMDK tersebut menjadi sangat penting. Untuk dapat memastikan keamanan AMDK perlu dilakukan pengujian terhadap parameter-parameter yang telah ditentukan.

  • Pendekatan Langsung Pengukuran Kalorimeter pada Produk Pangan

    Produk pangan saat ini diharapkan dapat memberi manfaat yang beragam utamanya bagi kesehatan. Kalori dalam pangan menjadi salah satu parameter yang dibutuhkan untuk memenuhi produk pangan yang lebih menyehatkan.

  • Analisis dan Preparasi Sampel dalam Pengujian Produk Pangan

    Analisis dalam suatu produk pangan memiliki peranan yang penting dalam menentukan kualitas. Salah satu kriteria penting yang diuji adalah nitrogen dan serat. Dalam proses pengujian, proses preparasi sampel juga mengalami andil yang cukup riskan.

Recent Posts